Siapa tak kenal Haji Bolot? Ya, tokoh Pak RT pada acara ‘Ini Talkshow’ yang tayang di Net TV beberapa waktu lalu awalnya muncul di Televisi Pendidikan Indonesia. Pemilik nama asli Muhammad Sulaeman Harsono, ini   merupakan pelawak senior Tanah Air. Ciri khasnya saat melawak adalah tak bisa mendengar pembicaraan orang lain atau budeg, kecuali jika melakukan komunikasi dengan wanita.

“Awalnya dulu, ketika kami menciptakan tokoh yang diperankan Haji Bolot ini, memang ingin mengatakan, bahwa, ia merupakan personifikasi dari seseorang yang tidak mau mendengarkan orang lain. Lawan mainnya, H. Malih, dipersonifikasi sebagai orang yang selalu mengatakan kebenaran tetepi di sitausi yang tidak mau menerima kebeneran,” ujar Noor Syamsudin Chatib Haesy atau yang lebih dikenal dengan dengan Bang Sem, saat melakukan siniar (podcast) yang diselenggarakan Pusdatin Kemenristekdikti, di Setu Babakan , Jakarta Selatan, Sabtu (4/9) lalu.

Bang Sem adalah salah satu dedengkot dunia pertelevisian Tanah Air yang membidangi lahirnya Televisi Pendidikan Indonesia. Dalam podcast yang juga dihadiri budayawan Betawi Yahya Andi Saputra dari Lembaga Kebudayaan Betawi itu, Bang Sem mencertikan bahwa setiap zaman, seniman Betawi punya personifikasi sendiri-sendiri.

Seperti dikisahkan sebelumnya, Haji Bolot merupakan penokohan dari orangyang tidak mau mendengar apa kata orang lain. jauh sebelumnya, ada Benyamin Sueb yang menggambarkan sebagai tokoh seniman serbabisa. Lalu kemudian muncul pula seniman Betawi yang tampil lebih santun yang dilekatkan pada sosok Dedy Mizwar.

Setiap zaman, ada personifikasinya. Hal inilah yang menjadi budaya Betawi kaya dalam ragam penokohan.

By BangBul

betawipedia.com adalah situs informasi mengenai segala hal tentang Betawi. Mencakup aktivtas warga betawi, seni, budaya dan sejarah Betawi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.